Kamis, 24 September 2015

Cara Terbaik Mengkonsumsi Telur Ayam

Cara Mengolah dan mengkonsumsi telur yang sehat
Begitu tinggi nilai gizi telur serta manfaatnya untuk kesehatan kita, namun mengkonsumsi telur yang salah justru bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan. Berikut cara mengolah dan mengkonsumsi telur yang sehat.

*Hindari mengkonsumsi telur mentah

Mengkonsumsi telur mentah umum dilakukan sebagai jamu, pada beberapa tradisi kesehatan tradisional. Mungkin saja baik bagi kesehatan karena nutrisinya masih 100% , atau belum ada yang rusak/berkurang karena proses memasak. Namun mengkonsumsi telur mentah beresiko terinfeksi bakteri salmonnela, yang dapat menyebabkan gangguan berupa diare, kram perut, dan demam. Jadi, untuk mengurangi resiko bakteri, pastikan telur dan tangan sudah dalam keadaan selesai dicuci bersih dengan sabun.

*Terutama bagi Ibu hamil dan anak-anak, bakteri salmonela bisa membahayakan. Untuk itu, pastikan memasak telur dengan baik sebelum dimakan.

*Sebaiknya, hindari menggoreng telur

Telur memang paling nikmat jika digoreng, namun tahukah bahwa telur yang digoreng justru tak baik bagi kesehatan?. Menggoreng telur hanya menambah kadar kolesterol buruk pada telur, serta akan kehilangan lebih banyak nutrisi. Jadi, telur yang direbus adalah pilihan bagi yang peduli dengan kesehatan.

*Perhatikan kebutuhan kolesterol Anda

Kandungan kolesterol pada sebutir kuning telur adalah sekitar 213 mg. Ini berarti sangat sedikit di bawah anjuran asupan maksimal harian, yaitu 300 mg pada orang yang kesehatannya normal. Sedangkan untuk orang yang  bermasalah dengan gangguan arteri(jantung, drah tinggi), kebutuhan maksimal kolesterol dalam sehari tak boleh lebih dari 200mg. Jadi, jika Anda makan sebutir telur sehari yang ditambah dengan makanan tinggi kolesterol lain, maka bisa kelebihan kolesterol dan buruk bagi jantung dan obesitas. Apalagi yang memang sudah memiliki riwayat kolesterol tinggi, atau masalah kesehatan kardiovaskuler?. Hanya lebih banyak mengambil Putih telur, adalah pilihan terbaik bagi yang ingin mendapatkan gizi dari makan telur namun tetap aman. Seluruh jumlah kolesterol pada sebutir telur hanya terdapat pada kuningya saja.

*Cara merebus telur

Agar kuning telur tidak berwarna keabu-abuan dan berbau, rebuslahtelur selama 10 menit. Setelah itu, masukkan ke dalam air dingin. Jika menginginkan telur setengah matang, rebus telur selama 5 menit, lalu masukkan ke air dingin.

*Cara menggoreng telur yang baik
Untuk membatasi asupan kalori, terutama bagi yang sulit meninggalkan telur goreng, gunakanlah wajan anti lengket yang hanya diolesi dengan sedikit minyak.

*Sajikan selagi hangat

Mengkonsumsi telur mata sapi , atau telur rebus memang enak selagi masih hangat atau baru dimasak. Selain itu,  Telur yang sudah dibiarkan terlalu lama bisa kehilangan sebagian dari zat gizinya.

Source : Diolah dari Berbagai Sumber
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar